Babybear Berenang

3:19 PM

Babybear Berenang - Sebenarnya aku dan babybear bukan lah individu yang rutin berolahraga renang, bahkan waktu hamil kemarin pun ketika disarankan berenang agar nafasku tidak sering ngos-ngosan ... ya jarang kulakukan haha. Selain lokasi kolam renang favorit yang lumayan jauh dari rumah, mager (malas gerak) berenang dengan babybear kalau tidak beramai-ramai sekalian hehehe.

Manfaat berenang untuk anak

Padahal banyak loh manfaat yang didapat dari olahraga yang memiliki banyak gaya ini, di antaranya:

Melatih kecerdasan si anak

"Dengan begini, saraf-saraf di otak akan aktif terutama di bagian corpus collosum yang bertanggungjawab mengatur komunikasi balik terhadap rangsangan dan mengantarkan rangsangan dari sisi otak ke sisi yang lain." [1] 
Dikarenakan kalau kita berenang hampir semua tubuh melakukan gerakan, mulai dari kaki, tangan, lengan, hingga kepala.

Meredakan stress

Karena banyaknya gerakan tadi, memicu hormon endorfin yang akan membuat keadaan hati lebih tenang dan nyaman sehingga bisa meredakan stress. Bahkan kemarin saking rileksnya, babybear enggan mentas (red: ke luar dari dalam air).

Melatih keseimbangan

Bergeraknya hampir semua anggota tubuh secara otomatis membentuk koordinasi tubuh sehingga mampu melakukan beragam gerakan lain dengan seimbang.

Melatih rasa percaya diri

Hal ini bisa sekali didapat mana kala si kecil diikutkan kursus renang, dari situ secara tidak langsung melatihnya untuk berani tampil. Dalam artian berkomunikasi dengan sesamanya, seperti pelatih renang atau teman sesama kursusnya.

Meski tidak ikut kursus sekali pun manfaat ini bisa didapatkan loh, karena untuk masuk ke dalam air yang memiliki kedalaman tertentu dibutuhkan keberanian serta rasa percaya diri.

Tidak takut air

Manfaat satu ini terbukti berhasil kuterapkan pada si kecil, ia memang baru mengenal air di kolam renang pada usia lebih dari 1 tahun. Terlambat kah? Tentu tidak, tidak ada kata terlambat untuk yang namanya belajar, apalagi hal tsb dikarenakan alasan kesehatan. Babybear pun awalnya takut sekali berada di dalam kolam renang. Kemudian lambat laun ia mulai menyukainya, hal ini bermanfaat juga apabila menemui kondisi darurat ia tidak panik.

Kolam renang untuk anak di Malang

Berenang di Malang yang memiliki kondisi cuaca relatif dingin ini lah yang kadang menyurutkanku sebagai ibuknya untuk rutin melakukan olahraga renang ini. Namanya anak kecil, mau berenang sampai berapa jam pun ia mau-mau saja.

Demi kenyamanannya aku lebih memilih berenang di kolam renang yang memang khusus menyediakan kolam khusus anak. Biasanya kolam khusus anak ini hanya memiliki kedalaman sedalam 0.5 meter saja. Seperti di ...

Araya Family Club House Swimming Pool

Jl. Raya Golf Utama No.1
Kota Araya, Malang
Buka: pukul 05.00-20.00
HTM: Rp60.000,-

kolam-renang-air-hangat-di-Malang

Harga tiket masuk tsb sudah termasuk bonus 1 botol air mineral, berikut fasilitas loker serta kamar ganti dengan air shower panas dan dingin.

Kolam renang di Araya Family Club House ini memiliki kolam khusus anak berair hangat, di pinggir kolam terdapat kantin yang menyediakan minuman dan camilan. Wah, wah cocok sekali buat ibu-ibu yang doyan nyemil seperti saya sambil menemani si kecil berenang.

Waktu hamil kemarin aku malah betah berlama-lama hanya untuk berendam di kolam untuk anak ini, ya karena air hangatnya tadi hehe.

Ohya sekedar info, dikarenakan bau kaporit yang terlalu menyengat di sini ... baiknya untuk anak yang masih berusia  di bawah 6 bulan tidak disarankan untuk berenang sengan kolam yang memiliki kadar kaporit tinggi untuk meminimalisir kemungkinan terjadi alergi.

Kolam Renang Tirta Marabunta

Kesatrian, Malang
Buka: pukul 06.00-17.00
HTM: Rp15.000,-

kolam-renang-tirta-marabunta

Sayangnya, harga tiket masuk yang murah berbanding lurus dengan fasilitas yang ada. Karena waktu aku berenang ke sana, kolam renang ini belum menyediakan fasilitas loker baju, serta kantin. Lapar sehabis berenang ya mampir saja ke warung-warung yang banyak terdapat di luar area kolam renang hahaha. Bahkan kamar mandi pun airnya dingin, tidak ada air panas. Namun, pihak kolam renang Tirta Marabunta menyediakan shower yang letaknya di luar kamar ganti. Mau bersih-bersih badan di situ oke-oke saja, kalau untuk anak kecil kulihat ada beberapa yang sekalian mandi di area tsb hahaha.

Lokasi kolam renang ini berada di area sekitar Lapangan Rampal, termasuk kolam renang yang baru dibuka dan sudah beroperasi kurang lebih setahun ini. Di kolam renang ini lah kali pertama babybear aku kenalkan dengan olahraga air ini. Meski awalnya ia tidak berani, masuk air hanya 10 menit sesudahnya hanya ikut menemani bapak berenang hahaha. Yaaa setidaknya ia sudah paham, oooh begini rasanya air di kolam renang itu.

Selain terdapat kolam renang dewasa dengan kedalaman bervariasi hingga lebih dari 2 meter, tentunya juga terdapat kolam khusus anak dengan kedalaman 0.5 meter yang dilengkapi permainan sederhana yang letaknya persis di tengah kolam.

kolam-renang-anak-Malang


Simak juga video di atas, keseruan kali pertama babybear berenang. Ingin deh kapan-kapan berenang lagi ke mari, karena harga tiket masuknya amat sangat bersahabat hahaha (emak-emak irit).

Istana Dieng Club House

Jl. Istana Dieng, Perumahan Istana Dieng Malang
Buka: pukul 08.00-22.00
HTM: Rp50.000,-

istana-dieng-club-house

Di sini terdapat cafe (Nest Cafe & Resto) yang letaknya sebelum pintu masuk kolam renang, dengan menu bervariasi seperti ini ... (belum-belum sudah bahas makanan) LOL.

camilan-berenang

Tersedia juga tempat penyimpanan barang, serta kamar mandi lengkap dengan air panas dan dinginnya. Taman bermain dengan permainan seperti panjat-memanjat dan perosotan juga ada di sini.

Meski tidak memiliki kolam dengan air hangat, kolam di sini lumayan luas dibanding kedua kolam di atas yang aku sebutkan tadi. Arena perosotan untuk dewasa juga lumayan panjang, hehe ketahuan mamabear sudah mencobanya.

Di kolam inilah babybear mulai tertarik dengan berenang, apalagi ia berenang menggunakan pelampung lucu berbentuk mobil pak polisi ... simak keseruan lengkapnya di video berikut ya.


***
Nah, melihat banyaknya manfaat yang didapat dari olahraga air ini. Aku ingin mengikutkan babybear ke kursus berenang, yaaa kalau usianya sudah cukup. Ibu-ibu ada yang anaknya sudah diikutkan kursus berenang? Share pengalaman kalian di kolom komentar ya, terima kasih.

* sumber informasi:
[1] https://www.halodoc.com/6-manfaat-mengajari-anak-berenang (diakses tanggal 11 September, 2019).

You Might Also Like

0 comments

Subscribe