Milestone Tahun Kedua My Babybear

12:47 AM

I’m thankful for my family
I’m thankful for my friends
I’m thankful for the things I have,
The Thank You’s never end

What are you thankful for?
What are you thankful for?
What are you thankful for?

Hmmmm … Yess, I'm so thankful for this 2 years that we have been through together. More years about to comes ... aamiin. And all of these memories are made by a thousand stories. Habis melihat salah satu video dari Cocomelon "Thank You" barusan, membuatku ingin merekam dalam tulisan semua cerita tahun kedua my babybear. Dan ini dia ceritanya ...

Berapa kali pulang ke Surabaya?

kereta-api
berdua ibuk naik kereta api, barang bawaan banyak ... siapa takut!
Sebelum pindah ke Malang, aku dan suami tinggal di Surabaya. Jadi sudah tentu sesekali pulang ke Surabaya, entah sebulan sekali atau bahkan belum sebulan ada yang sudah kangen menu kuliner Surabaya seperti lontong balap, atau steak legendarisnya Boncafé.

Apakah pulang selalu lengkap bertiga? Tidak selalu, karena pulang naik kereta berdua saja oke, bareng bertiga Utinya sekalian pulang nengok rumah ya oke, atau lengkap bersama papabear. Itupun kalau ia sedang off duty.

Terhitung setahun belakangan ini kalau dihitung sepertinya 12 kali kami pulang ke Surabaya, hmmm lumayan sering juga ternyata ya hehe.

mudik-bersama
selalu disempatkan mudik, Malang-Surabaya kan dekat :)
Moda transportasi kereta api menjadi akomodasi favorit kami ketika pulang ke Surabaya, selain alasan untuk menyingkat waktu perjalanan pun mengenalkan ke babybear bermacam moda transportasi selain mobil itu apa saja ya.

Berapa kali vaksin?

Terhitung sejak usia 1 tahun sampai dengan menginjak usia 2 tahun, babybear sudah melakukan 7 kali vaksinasi. Vaksin apa saja, ini dia:
  1. Influenza - 12 bulan
  2. Varicella (cacar air) - 13 bulan
  3. Japanese Encephalitis - 14 bulan
  4. Hep. A dan Typhoid - 17 bulan
  5. DPT-HIB-HepB dan Polio - 18 bulan
  6. IPD (Invasive Pneumococcal Disease) - 19 bulan
  7. Rotarix - 20 bulan
dokter-anak-malang
bersiap akan divaksin :)
Sebelumnya untuk setiap jadwal imunisasi, kami merujuk ke RSIA Melati Husada, atau RS Hermina. Namun, untuk meminimalisir babybear berkunjung ke rumah sakit, tempat praktek pribadi dr. Ayling Sanjaya M.Kes., SpA setia menjadi tempat konsultasi, sekaligus dokter anak si kecil. Sehat selalu ya, aamiin.

Benda kesayangan

benda-kesayangan

Selimut is #1 hahaha, untungnya di rumah aku sampai memiliki 1/2 lusin benda kesayangan ini. Bagaimana sih awal mulanya selimut ini menjadi benda kesayangannya?

Dulu, ketika babybear menjajaki fase semua-semua digigit, di mana benda yang ditemuinya dimasukkan ke mulut. Awalnya aku memakai teether, namun kemudian aku mengurangi kebiasaan ia menggigit teether tsb. Karena sekali dua kali teether ini selalu dilempar dan terjatuh ke lantai. Daripada bolak-balik mencuci teether yang jatuh tadi agar tetap bersih, baiknya aku pakai media lain saja untuk fase tsb.

Kemudian aku menemukan ide lain, media gigit-gigitnya kuganti saja dengan kain selimut . Dengan memberlakukan sedikit privelege untuknya "Babybear tidak boleh menggigit sembarang benda, KECUALI selimut! Ia bebas boleh menggigitnya kapan pun."

Alhamdulillah babybear pun paham aturan yang kuberlakukan tsb, di mana ia tidak pernah menggigit benda atau memasukkan barang ke mulutnya kecuali si selimut ini. Yaaa, meski pada akhirnya selimut ini menjadi benda kesayangan yang selalu dibawa ke manapun hihihi. Kenapa membuat aturan begitu?

Hal ini kulakukan agar terhindar dari penyakit diare yang biasanya dialami bayi ketika memasuki fase menggigit ... amit-amit kan ya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu ceritanya, kenapa selimut ini menjadi benda kesayangan babybear dan pasti tiap dua hari sekali kuganti dengan selimut lain yang serupa supaya tidak apek baunya hehe.

Setelah 1 tahun, menu makanannya apa saja?

Beberapa temanku paham sekali kalau selama masa mpASI kemarin mamabear rajin membuat menu mpASI homemade. Semua menu kuberikan padanya, tidak pilih-pilih ... dengan harapan babybear tidak menjadi picky eater. Sampai usia 20 bulan pun, ia masih betah mengonsumsi oats sebagai menu karbohidratnya. Hingga kemudian ia mulai bosan dan aku menggantinya dengan nasi, meski pada kenyataannya tidak selahap waktu ia mengonsumsi oats.

"Anakku dulu doyan oats, begitu ganti nasi jadi susah makan." komentar temanku.

Beberapa anak temanku dengan kebiasaan serupa ada yang menuturkan demikian, anak mereka menjadi agak susah makan ketika menu oats diganti nasi. Padahal atas pilihan si kecil sendiri, oke baiklah mamabear harus lebih bersabar.

Phew! Mau tak mau idealismeku sedikit luntur juga haha, karena pada hakikatnya aku ingin agar kebutuhan nutrisinya benar-benar terpenuhi dengan cukup di 1000 hari pertama kehidupannya. Apalagi karena alasan kesehatan, aku tidak bisa meng-ASI-hi seperti ibu-ibu pada umumnya. Jadi aku benar-benar ingin mengejar ketertinggalan tsb melalui nutrisi dari panganannya tsb.

Tapi apa daya, masak iya babybear malas makan terus kupaksa supaya mau makan. Alhasil, aku harus putar otak mengakali menu apa yang ia gemari. Makan roti tawar pun tanpa topping apapun, hanya helai rotinya saja. Maka dari itu, sehari dia mau makan menu utama setidaknya 1 kali saja aku sudah bahagia ... terima kasih sayangku [curhat colongan nih] hehe.

resep-mie-ayam
Mie Ayam, menu favoritnya saat ini

Kapan bisa jalan?

Bayi jaman now sepertinya beberapa tidak melewati fase titah ya? Setidaknya itu yang kulihat dari beberapa bayi di sekitarku, karena babybear pun tidak. Tapi setelah merangkak ia malah melalui fase berjalan menggunakan dengkul hahaha, iya dengkul. Kurang lebih sebulan lamanya,  sampai-sampai aku sempat sedikit khawatir "Kira-kira sampai kapan ya ia berjalan dengan dengkulnya begitu?!"


kapan-bayi-bisa-jalan

Eh ternyata bulan berikut, tepatnya 14.5 bulan ia mulai kuat menapakkan kakinya sendiri ... alhamdulillah akhirnya bayiku sudah bisa berjalan sendiri tanpa dengkul hihihi.

Mengikuti kompetisi bayi via online

Quiz hunter? Sebut saja demikian, well ... karena memang babybear adalah customer produk dari beberapa kuis online yang kuikuti kemarin, jadi tak ada salahnya kan? Kuis-kuis tersebut biasa kuikuti via sosial media seperti Instagram, walau tidak semuanya menjadi pemenang. Setidaknya 3 kali mengukuti, 2 di antaranya menjadi rezeki babybear sebagai pemenang ... alhamdulillah.

Yang ter-update kemarin waktu kami mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Nutriclub Indonesia di Surabaya. Karena ia mengonsumsi Nutrilon Royal Soya, jadi kuikutkan dalam kompetisi foto dan cerita dalam rangka merayakan World Allergy Week.

allergy-week
courtesy: Nutriclub Indonesia
Keluar sebagai pemenang adalah bonus yang tak terduga, selebihnya di acara tsb banyak sekali ilmu yang kudapatkan. Selain melatih keberanian babybear di lingkungan baru, juga mengajak ia bermain dan berbaur dengan anak seusianya. Aku pun cukup terkesima dengan keberaniannya, mengingat kemarin adalah event pertama buatnya, ia berhasil mengikutinya tanpa rewel sedikit pun. We made it, thank you my babybear 💕

Di bawah ini video keseruan acara Allergy Expert Camp di Surabaya :)


Sudah bisa bicara berapa kata?

Hmmm, sampai usianya 2 tahun babybear masih belum banyak bicara, hanya beberapa kosa kata yang sudah keluar dari mulutnya. Seperti ... babab itu bapak, baba, itu laba-laba, abuk itu ibu wkwkwk yang ini agak absurd.

"Ndak ada!" adalah dua kata yang paling sering ia ucapkan. Mau kamu bertanya apa saja, jawabannya selalu "Ndak ada!" hahahaha. Tapi alhamdulillah ia sudah paham kalimat perintah, lalu segera beranjak melaksanakan perintah sederhana tsb. Seperti ... "Yusuf, tolong ambilkan kacamata ibuk." atau "Yusuf, kalau sudah selesai minum susu ... botol susunya ditaruh di mana?"

Birthday lunch

Tahun kedua kami tidak merayakan seperti tahun pertama kemarin, tahun kedua ini kami berkumpul bersama keluarga yang ada saja. Karena kami kan tinggal merantau dari keluarga besar. Jadi kemarin kami makan siang bersama mami (ibu kandungku), ibuk mertua yang datang pagi dengan kereta dari Surabaya, papabear, tak ketinggalan mbak Rati (asisten rumah tangga) yang sudah ikut kami sejak hamil babybear, dan Pak Rohman mantan sopir mertua juga turut meramaikan makan siang kami.

happy-birthday
birthday lunch at Hungry Kitten Authentic Steakhouse Grill
pudding-online-malang
tumpeng mini dan pudding
Paginya aku sempatkan sowan sebentar ke teman-teman di ruang ICU RS Saiful Anwar Malang, seraya mengucap syukur atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan pada keluarga kami. Alhamdulillah ...

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ 

"Wahai Rabbku, berilah aku keturanan yang sholeh."

***
Enfin, joyeux anniversaire mon bébé 😘

with luv ♡

You Might Also Like

2 comments

  1. Kenapa yah baby suka pny benda kesayangan yang dibawa kmn2. Sampe tidurpun harus ada itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga heran kenapa bisa gitu, lagipula hal ini enggak berlangsung lama ya hihihi'

      Delete

Subscribe