Bolehkah Bayi Makan Oat Tiap Hari?

12:02 PM

manfaat-oatmeal
Bolehkah Bayi Makan Oat Tiap Hari? - "Boleh nggak ya?" sempat khawatir juga nih, karena bisa dibilang babybear mengkonsumsi oats sebagai pengganti nasi untuk makan sehari-harinya. Iya, sejak masuk usia setahun di mana menunya mulai mengikuti menu keluarga, babybear kurang menyukai nasi, malah lebih doyan oats. "Haaa, kok bisa?" entah berawal dari mana ia amat menyukai panganan tinggi serat ini, yang jelas saat mulai memasuki usia 8 bulan pada menu mpASInya kuberikan oats. Eh ternyata sampai sekarang masih doyan juga hihihi.

Tentang Oat

Oat adalah 100% gandum asli dan merupakan sumber karbohidrat yang masih memiliki tiga bagian kulit ari, bakal biji dan endosperma dalam satu oat. Juga merupakan biji sereal utuh yang lebih baik dibanding beras, yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan mineral.

Maka dari itu, dengan memakan oats secara utuh, nutrisi yang terkandung di dalamnya akan menyediakan tenaga guna membantu si kecil menjalani aktivitasnya yang semakin aktif. Hmmm bisa dipastikan mamabear puyeng tiada tara hahaha. Iya, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali ia aktif bergerak ke sana ke mari. Jadi pas deh kalau panganan oats ini ia pilih :)

Manfaat oatmeal untuk bayi

"Babybear diet sedini mungkin." hahaha komentar ini kerap kudengar kalau mereka tahu bahwa ia rutin memakan oat tiap harinya. Bahkan beberapa termasuk aku ibuknya sendiri sebenarnya agak tercengang, karena kan buat yang tidak terbiasa makan oats mengira panganan ini lebih mirip susu sereal hahaha sudah terbayang enegnya.

Tapi tidak buat si kecil, apalagi kan banyak manfaat oats untuk bayi sehingga menepis kekhawatiranku dengan kebiasaan uniknya ini.
Bayi makan oats tiap hari? "Tak apa, makan apa saja pokoknya karbo ... it's oke!" komentar dokter anak langganan.
Dan ini dia beberapa manfaat dari rajin makan oats:

1. Meningkatkan fungsi otak

Babybear lahir dalam hitungan belum genap 9 bulan (red:36minggu) namun perkembangan daya ingat, caranya berkonsentrasi ketika melakukan sesuatu, juga sudah bisa mengerti apa yang sedang kita bicarakan, dll. Perkembangan positif tsb membuatku kagum, Allah Maha Baik ...
"Oatmeal's whole grain, high fibre and protein attributes are believed to be some of the primary factors that influence spatial memory performance in young children," said Priscilla Samuel, director of the Nutrition Research Programme at Quaker Oats and co-author of the study." [1]
Hal tsb diungkapkan pada penelitian yang dilakukan oleh Tufts University tentang anak-anak yang terbiasa sarapan oatmeal tiap paginya, di mana anak-anak tsb menunjukkan hasil lebih baik dalam performa tes memori mereka.

2. Melindungi jantung dan pembuluh darah bayi

Karena oats mengandung beta-glucan, baik untuk kesehatan jantung yang telah terbukti efektif mengurangi kadar kolesterol serta risiko penyakit kardiovaskular.
"Kehebatan oats terdapat pada kandungan beta-glucan yang baik untuk jantungmu. Beta-glucan tidak menyukai kolesterol dalam tubuh. Akan tetapi, beta-glucan menyukai jantung sehat ketika menjadi bagian dari diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol." [2]

3. Mencegah diabetes pada bayi

Karena per 100gram oatmeal mengandung serat 7x lebih banyak dibanding nasi putih. Serat tsb juga membantu mengurangi risiko penyakit diabetes, jadi dapat mencegah konstipasi. Dan alhamdulillah sampai usia 20 bulan ini BAB babybear lancar saban harinya.

4. Membantu pertumbuhan gigi bayi

Ini nih yang bikin amazed, menginjak usia 18 bulan gigi babybear hampir semua sudah tumbuh ... alhamdulillah. Pertumbuhan giginya juga aku catat seperti gambar di bawah ini.

pertumbuhan-gigi

Selain dari sumber nutrisi lainnya seperti susu yang ia minum tiap harinya. Kukira oat tentu berperan juga, apalagi oat ini termasuk panganan sumber kalsium selain susu.

5. Sebagai antioksidan

Ternyata oats itu mengandung tipe antioksidan khusus bernama avenanthramide, jenis antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang menyerang. Antioksidan ini pun mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Selain itu, senyawa ini juga melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. [3]

***
Menilik begitu banyak manfaat oat di atas, hingga babybear berusia 20 bulan ia rutin mengkonsumsinya tiap hari. Bahkan 1 bungkus besar Quaker Oats ukuran 1kg bisa habis kurang dari sebulan. Kalau bayi ibu-ibu sekalian apakah ada yang punya kebiasaan seperti babybear juga, doyan oats?

* sumber informasi:
[1] https://www.nutraingredients.com/Article/2002/07/23/Getting-their-oats-helps-kids-perform-better (diakses tanggal 21 Maret 2019).
[2] https://quaker.co.id/tentang-oats/ (diakses tanggal 20 Maret 2019).
[3] https://www.ciputrahospital.com/2017/manfaat-oatmeal-bagi-kesehatan/ (diakses tanggal 12 Mei 2019).

You Might Also Like

1 comments

Subscribe