Sentuhan Cinta Melalui Stimulasi Pijat Bayi

12:17 PM

stimulasi-pijat-bayi
Sentuhan Cinta Melalui Stimulasi Pijat Bayi - Hi Lovembre, siapa nih yang suka memberi hadiah paket Johnson'sⓇ Baby kalau ada teman yang melahirkan? Atau malah kita yang mendapatkan paket kado tsb? Duh ... senang banget ya, apalagi kado sejuta umat ini kan bukan sembarang kado ya. Apalagi di dalam paket tsb terdapat bonus DVD Panduan Stimulasi Pijat Bayi.

💕 Manfaat Stimulasi Pijat Bayi

Sentuhan Cinta melalui stimulasi pijat bayi, memberikan berbagai manfaat di antaranya:
  • Meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.
  • Meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik.
  • Membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat berkat adanya stimulasi sensorik ketika dipijat.
  • Meningkatkan ikatan emosional (bonding) antara bayi dengan orang tua.
  • Membantu bayi lebih relaks, sehingga tidurnya lebih nyenyak.
Manfaat terakhir ini terbukti ampuh ketika babybear selesai melakukan pijat bayi, ia langsung tertidur pulas seperti ini ... :)
manfaat-pijat-bayi

Baca juga: Creambath Plus Back Massage Selama Masa Kehamilan

💕 Do's and Dont's Ketika Memijat Bayi

Pijat bayi baiknya dilakukan 2x sehari pada 6 bulan pertama, dengan durasi 15-20 menit. Dr Meita Dhamayanti, dr.,SpA(K).,M.Kes dokter spesialis anak yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Padjajaran pun menuturkan hal-hal yang patut dilakukan, dan jangan dilakukan ketika sedang memijat bayi.

Do's
  1. Pilih alas yang rata dan lembut sebagai tempat memijat.
  2. Cuci tangan terlebuh dulu sebelum memijat bayi.
  3. Lakukan dinruangan yang hangat dan tidzk berangin.
  4. Bisa dilengkapi dengan alunan musik relaksasi.
  5. Lakukan kontak mata dengan bayi ketika memijat.
  6. Mulai dengan sentuhan ringan lebuh dulu untuk melihat bagaimana reaksi si kecil.
Dont's
  1. Jangan memijat bayi ketika sakit.
  2. Jangan memijat bayi dalam keadaan lapar, baru minum atau makan.
  3. Jangan membangunkan bayi yang sedang tidur hanya untuk memijat.
  4. Jangan memaksa posisi pijat tertentu pada bayi.
  5. Jangan menggunakan perhiasan pada jari, dan tangan serta hindari kuku yang panjang saat akan memijat bayi.

💕 6 Rangkaian Stimulasi Pijat Bayi Cukup Bulan (Aterm) Dan Batita

Babybear biasa aku pijat sebelum mandi pagi dan sore, menggunakan Johnson'sⓇ baby oil. Hmmm, enaknya habis pijat trus mandi hangat. 

Selain area wajah, saat memijat bayi sebaiknya gunakan baby oil atau baby lotion. Langkah dalam memijat bayi ini ada 6 rangkaian, di mana tiap gerakan dilakukan 6x dengan 8 ketukan.

1. Pemijatan di daerah wajah
pijat-wajah
workshop pijat bayi by Johnson'sⓇ di Surabaya #TUMBloggersMeetUp courtesy: The Urban Mama
  1. Cares Love atau Sentuhan Cinta. Posisikan tangan ibu pada wajah bayi, pemijatan dimulai dari bagian tengah (dahi) mengarah ke bagian pelipis. Gerakan tangan ibu seperti membuka halaman buku atau berdoa ya.
  2. Relax. Posisikan ibu jari pada bagian ujung alis, lalu pemijatan dilakukan mengarah ke pelipis.
  3. Sirkuler. Dengan menggunakan ibu jari kita, atau jari telunjuk. Pemijatan di mulai dari bagian sudut mata melingkar ke arah pelipis.
  4. Smile. Gerakan pertama, posisikan ibu jari di atas bibir bayi lalu pemijatan dilakukan dengan membentuk smile mengarah ke bagian pipi. Gerakan kedua, letakkan ibu jari kita di dagu bayi, lakukan pemijatan mengarah ke pipi.
  5. Cute. Dilakukan mulai dari daerah belakang telinga, menggunakan ketiga ibu jari gerakan pemijatan berputar dari belakang telinga mengarah ke depan.
2. Pemijatan di daerah dada
pijat-bayi-agar-tidur-pulas
workshop pijat bayi by Johnson'sⓇ di Surabaya #TUMBloggersMeetUp courtesy: The Urban Mama
  1. Butterfly. Kedua tangan diposisikan pada dada bayi, lakukan pemijatan memutar kembali ke tempat semula seperti membentuk sayap kupu-kupu.
  2. Cross. Posisikan tiga ibu jari pada rusuk bawah bayi, lakukan pemijatan menyilang ke arah bahu dan begitu sebaliknya.
3. Pemijatan di daerah perut
  1. Mengayuh. Posisikan tiga ibu jari pada perut bayi, lakukan pemijatan mengarah ke bawah dengan mengayuhkan kedua tangan kita. FYI, gerakan ini TIDAK BOLEH dilakukan kalau tali pusat bayi belum lepas.
  2. Bulan dan matahari. Tiga ibu jari kanan kita posisikan pada bagian perut sisi kanan, dan  begitu sebaliknya untuk tiga ibu jari kiri kita. Lakukan pemijatan menyilang dan memutar ke arah perut tengah bayi. Kemudian langsung diulang mengarah kembali.
  3. I Love You. Posisikan tiga ibu jari pada perut bayi sebelah kiri, pemijatan dilakukan dengan membentuk  huruf I. Lalu posisikan tiga ibu jari pada perut sebelah kanan, pemijatan mengarah ke bagian tengah perut bayi membentuk huruf L terbalik. Terakhir, tiga ibu jari melakukan pemijatan dengan memutar jari di bagian tengah perut bayi membentuk huruf U terbalik juga.
  4. Walking fingers. Gunakan buku-buku jari dengan cara memijat perlahan mengelilingi perut bayi.
  5. Relax. Tarik kedua kaki bayi hingga paha menekan perut, hitung hingga 8 ketukan. Gerakan ini dilakukan agar perut bayi tidak kembung.
4. Pemijatan di daerah lengan dan tangan
pijat-bayi-malang
workshop pijat bayi by Johnson'sⓇ di Surabaya #TUMBloggersMeetUp courtesy: The Urban Mama
  1. Milking. Pertama Milking India, gerakan seperti memerah susu. Pemijatan dimulai dari pangkal lengan mengarah ke tangan. Kedua Milking Swedia, pemijatan dilakukan sebaliknya mengarah ke pangkal lengan.
  2. Rolling. Pemijatan dilakukan mulai dari pangkal lengan sampai ke tangan, gerakan tangan seperti mengaduk kue.
  3. Squeezing. Gerakan seperti memerah, pemijatan dimulai dari pangkal lengan sampai ke tangan.
  4. Thumb after thumb. Pemijatan dilakukan menggunakan ibu jari kita pada telapak tangan bayi mengarah ke luar, begitu juga pada punggung tangan bayi.
  5. Spiral. Pemijatan memutar menggunakan dua ibu jari kita pada telapak tangan bayi, demikian juga punggung tangannya.
  6. Finger shake. Pemijatan dengan menggoyang dan menarik perlahan masing-masing jari tangan bayi.
  7. Relax. Gerakan pertama, menyilangkan kedua tangan ke arah dada bayi. Gerakan kedua, silangkan kaki hingga menyentuh telapak tangan bayi.
5. Pemijatan di daerah kaki dan tungkai
  1. Milking. Milking India, gerakan seperti memerah susu. Pemijatan dimulai dari pangkal paha mengarah ke pergelangan kaki. Kemudian Milking Swedia, pemijatan dilakukan sebaliknya mengarah ke pangkal paha dari pergelangan kaki.
  2. Squeezing. Seperti mengaduk kue tadi, pemijatan dimulai dari pangkal paha sampai ke pergelangan kaki.
  3. Thumb after thumb. Pemijatan pada area telapak kaki menggunakan kedua ibu jari mengarah ke luar. Demikian untuk bagian punggung kaki.
  4. Spiral. Pemijatan memutar menggunakan dua ibu jari kita pada telapak kaki bayi, demikian juga punggung kakinya.
  5. Finger shake. Pemijatan dengan menggoyang dan menarik perlahan masing-masing jari kaki bayi.
  6. Relax. Gerakan pertama, menyilangkan kaki ke arah perut, satu persatu. Gerakan kedua seperti kaki sedang mengayuh sepeda, lakukan bergantian.
6. Pemijatan di daerah punggung
Dengan posisi bayi telungkup kita melakukan beberapa gerakan seperti:
  1. Go Back forward. Posisikan salah satu telapak tangan kita pada bagian bawah leher. Kemudian lakukan pemijatan, gerakan kedua telapak tangan kita seperti sedang menggosok mengarah ke bokong.
  2. Slip. Pemijatan dengan gerakan seperti mengusap dari arah leher ke bokong bayi.
  3. Mengayuh. Pemijatan berurutan menggunakan kedua tangan kita, dari leher mengarah ke bokong.
  4. Spiral. Pemijatan memutar menggunakan dua tangan kita pada punggung bayi.
  5. Menggaruk. Pemijatan seperti menggaruk dari leher mengarah ke bokong.
Untuk lebih jelas lagi, sila lihat video berikut ...


💕 Kampanye Sentuhan Cinta

Di tahun 2017 Johnson'sⓇ Baby sebagai salah satu brand produk perawatan bayi terpercaya memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Dan berhasil mencetak rekor Guinness World Record, untuk Pelatihan Stimulasi Pijat Bayi bersama 629 peserta.

kampanye-sentuhan-cinta
Di periode emas 1000 hari pertama kehidupan si kecil ini lah kita perlu concern bahwa tidak hanya nutrisi yang cukup saja, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi dengan sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

"Pijat bayi selama masa neonatal dapat bantu memperkuat kekebalan tubuh bayi dan memperlancar sirkulasi darahnya." babycentre.co.uk

Maka dari itu, Johnson'sⓇ melakukan roadshow ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnson'sⓇ untuk memberikan edukasi pelatihan pijat bayi guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

***
Yuk, mari membiasakan melakukan pijat bayi terutama di masa periode emas mereka. Yang berarti kita pun ikut mendukung lebih banyak ibu Indonesia untuk mempelajari pijat bayi. Satu lagi, dengan membeli produk Johnson'sⓇ yang berpartisipasi kita turut membangun Posyandu bersama Habitat Humanity for Indonesia. "Siapa yang suka dipijat?"
with luv

You Might Also Like

0 comments

Subscribe