10 Tips Liburan Asyik di Jatim Park 3

9:14 AM

liburan-nasional-2019
"Ke Jatim Park 3, yuk!" pekik papabear mengajakkuPadahal kalau dipikir-pikir ini adalah liburan ketiga kalinya di Jatim Park 3, ya ya ya saking luasnya theme park andalan Kota Batu ini, sampai-sampai harus berulang kali ke sana.

Ajakan tersebut tak kusia-siakan, mumpung ia punya waktu luang pikirku [red: hari libur]. Bukannya apa, karena memang tidak setiap akhir pekan papabear bisa libur. Meski di saat hari libur nasional pun terkadang ia harus mengerjakan tugasnya, ya ... namanya juga pekerja layanan publik. Mau tak mau, meski memiliki libur pun ia masih harus datang ke rumah sakit untuk melakukan aktivitas rutinnya, visite pasien.

Tak jarang ketika sudah direncanakan saat hari H tiba, terpaksa harus dibatalkan karena suatu hal. Karenanya, saat bisa berlibur bersama-sama aku ingin waktu yang kita habiskan bersama berkualitas. Untuk itu boleh ya aku berbagi 10 Tips Liburan Asyik di Jatim Park 3 agar kalian bisa puas menikmatinya, apalagi kan theme park ini sedang naik daun, pastinya dijadikan tujuan utama di musim liburan seperti saat ini. Jangan sampai jauh-jauh ke sini, tapi dapatnya malah ZONK ... kan sayang.


1. Tentukan Pilihan, Dino Park Atau The Legend Star

Tidak perlu khawatir, pilihan wahana di Jatim Park 3 ini tidak seluas Batu Secret Zoo yang memiliki luas hingga 14 hektar. Fyi, luas wahana utamanya yakni Dino Park 6.5 hektar sedangkan luas The Legend Star 2.3 hektar. Mau masuk di kedua wahana tsb dalam satu hari, atau tidak ... itu terserah kalian. Tapi pengalaman kemarin, kami hanya masuk di salah satu wahana utama saja agar bisa menikmati setiap jengkal atraksi yang ditawarkan, dan tidak terburu-buru.

Bisa sih menikmati dua wahana utama sekaligus dalam satu hari, tapi kalau hanya jalan lurus lempeng saja, yang ada kita tidak menikmatinya. Apalagi di Dino Park banyak sekali atraksi hewan purba dinosaurus yang bisa bergerak, sudah tentu anak-anak akan menyukainya. Lihat, babybear yang baru saja berusia 16.5 bulan sangat bisa menikmati dinosaurus mini yang mengeluarkan suara sekaligus bergerak ini sampai-sampai lupa kalau tidak mengenakan alas kaki hahaha.

little-dino
Kebayang kan, kalau kita harus harus tergesa-gesa melewatkannya begitu saja, untuk mengejar wahana utama lainnya, yang ada buang-buang keringat percuma.

2. Pakai sepatu senyaman mungkin

Kalau bisa kenakan kaos kaki, agar kaki tidak mudah lecet. Berjalan kaki menyusuri setiap jengkalnya bisa dipastikan kaki-kaki yang sudah tidak muda ini akan cepat lelah, apalagi yang jarang berolahraga hihihi. Kesalahan terjadi ketika kemarin aku nekat tidak mengenakan kaos kaki, dua jam kemudian sela-sela jari kakiku lecet, dududu sakitnya.

3. Sedia topi sebelum panas, sedia payung sebelum hujan

Bukan berarti cuaca Batu yang sejuk, lantas matahari tidak menyengat. Sediakan saja topi jika dirasa matahari sedikit terik, apalagi kalau membawa si kecil ya. Kecuali jika ia memang tidak terbiasa memakai topi seperti babybear ini, hanya menggunakan tangan untuk melindunginya dari terik sang mentari hihihi.

Juga sebaliknya, karena wahana utama ini adalah konsep outdoor ada baiknya membawa payung untuk berjaga-jaga. Apalagi kan sekarang musim hujan, di mana intensitas hujan di sini cukup tinggi.

4. Bawalah stroller

Pengembang bisnis hiburan keluarga ini amat sangat memperhatikan kenyamanan pengunjungnya [applause] mulai dari pengunjung diperkenankan membawa stroller, menyewa e-bike, atau kursi roda sekalipun. Jadi tak perlu khawatir, keluarga tercinta tak akan kesulitan karena di sana disediakan rute khusus untuk kendaraan beroda tsb.

sewa-e-bike

5. Tak perlu khawatir kelaparan

Meski ada larangan membawa makanan atau minuman dari luar, saat memasuki wahana, kita tak perlu risau dangan ketersediaan gerai makanan. Mau istirahat leyeh-leyeh dulu sambil makan es krim cone ini?

harga-makanan-di-jatimpark-3
Yuk ... semua bisa diatur, sesuaikan saja dengan isi kantong hihihi. Karena di dalam wahana utama terdapat foodcourt juga mini canteen yang menyediakan menu makanan atau pun camilan seperti kentang goreng, sosis bakar, minuman ringan, dll. Dan yang terpenting, harganya pun reasonable.
jatimpark-3
isi bensin dulu :)

6. Pastikan datang awal, kalau mau menaiki KERETA LIMA ZAMAN

Mau menyaksikan kehidupan dinosaurus di lima zamannya sebelum ia punah? Mulai dari Zaman Permian, Zaman Triassic, Zaman Jurassic, Zaman Cretaceous, hingga terakhir Zaman Ice Age. Pastikan kalian datang awal, kalau bisa ya langsung masuk menuju antrian kereta Lima Zaman, begitu pintu wahana dibuka. Karena kalau tidak ... antrian akan stuck seperti ini untuk waktu sekitar 30-45 menit.

kereta-lima-zaman-dino-park

7. Tidak perlu khawatir bosan atau mati gaya

Dengan tarif antara 25ribu hingga 50ribu, buat kalian yang mungkin tidak ingin masuk ke wahana utama. Wahana-wahana seperti Ice Cream World, Magic Circus, Museum Musik Dunia, Infinite World, Funtech Plaza masih bisa kalian nikmati.

Atau sekedar duduk bersantai sambil menikmati kopi, atau menikmati sajian kuliner bisa banget loh. Karena konsep Jatim Park 3 ini sedikit beda dengan sebelumnya, semacam mall yang dikelilingi beberapa wahana, pun terdapat dua lantai. Benar-benar one stop attractions.

8. Mushola tersebar merata

Tidak hanya di dalam wahana utama saja, ketersediaan ruang salat bagi umat muslim pun tersedia di luar wahana. Salah satunya seperti di bawah eskalator depan gerai kue.

9. Ukur dengan cermat tinggi badan anak

tinggi-badan-anak
"Tinggi badan 85cm ke atas dikenakan biaya penuh."
Tinggi badan babybear ini memang agak mengelabui, sepertinya lebih dari 85cm tapi begitu diukur ya belum menyentuh angka tsb ... hampir sih hehe. Mamabear tidak mau kecolongan seperti ketika membeli tiket di Fun Predator kemarin di mana kami membayar full untuknya. Dan kali kemarin tidak hihihi, ya kan emak-emak harus berpikir kritis hahaha jangan kasih kendor kalau urusan beginian. Baiknya ukur tinggi badan anak lebih dulu sebelum membeli tiket.

10. Enggan antri lama membeli tiket, beli saja di Traveloka

Antrian di loket khusus pengunjung yang sudah mengantongi e-tiket dari Traveloka ini tidak lah panjang, bahkan kemarin hanya terlihat satu orang saja yang menukarkan tiket di loket tsb. Cukup ampuh untuk menyingkat waktu, daripada harus lama mengantri di sebelahnya hehe.

loket-traveloka
Caranya:
  1. Masuk ke aplikasi Traveloka.
  2. Pilih fitur Attractions & Activities.
  3. Ketik pilihan Destinasi, venue or activity lalu enter.
  4. Setelah masuk laman Dino Park (Jatim Park 3) Tickets Easy Access klik lagi Find Tickets.
  5. Pilih tanggal sesuai yang diinginkan.
  6. Lakukan pengisian data pribadi, dan terakhir pilih cara pembayaran.
  7. Selesai.
beli-tiket-hoteldi-traveloka
Asyiknya lagi kita bisa mendapatkan diskon harga masuk baik untuk weekdays maupun weekends, seru kan?

***
Kebayang kan bagaimana serunya berlibur di sini?! Jadi ... tunggu apa lagi, rencanakan liburan kalian. Dan semoga beberapa tips di atas bisa membantu kalian saat akan menikmati liburan di theme park Jatim Park 3, selamat berlibur.

You Might Also Like

10 comments

  1. wah suatu hari harus ke jatim park nih

    ReplyDelete
  2. Wah, itu dino yang di cover keren ya. Aku salut sama kemajuan Jawa Timur belakangan ini loh. Banyak tempat wisatanya ya mba. Thank for share.

    ReplyDelete
  3. Aku orang malang..tapi aku baru tau ada jatimpark 3...selama ini cm ke jatimpark 1 ama 2 aja...ya ampun akhir taun ini mau kemalang sih semoga keburu kalau kesana..amien

    ReplyDelete
  4. Dari kemaren maju mundur cantik mau ke sini bareng keluarga, kayaknya pengen ke sini liburan berikutnya, asik tempatnya ya.

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah bawa anak-anak liburan ke Malang. Harus dijadwalkan nih, biar bisa main di Jatim Park 3.

    ReplyDelete
  6. aku baru tau bisa beli tiket Jatim Park di Traveloka mba. Makasi udah infonya.. emang sih Traveloka super lengkap buat urusan traveling ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Udah pernah ke Jatim Park dan lumayan oke menurutku untuk taman-taman di daerah. Kangen mau balik lagi!

    ReplyDelete
  8. kemarin habis ke jatim park 3 mbak..dan beneran wajib banget bawa stroller. lumayan, nggak ada keluhan si anak minta gendong..jalan2 jadi nyaman

    ReplyDelete
  9. wahannya banyak banget ya mba, sayangnya jauh dari Jakarta hihihi, tapi bisa jadi wishlist ku nanti saat liburan ke jawa timur...

    ReplyDelete

Subscribe