Bromo Valley Air Show 2018

12:03 AM

pesawat-tempur-air-show
Bromo Valley Air Show 2018
Satu dari sekian wishlist-ku yang merupakan pecinta dunia aviasi adalah bisa melihat Singapore Air Show. Sejak diadakan tahun 2008 lalu, ingin rasanya melihat event pameran kedirgantaraan terbesar di Asia itu. Meski belum melihat yang terbesar sekalipun, Jumat siang tadi bersama teman blogger (Mbak Sri Rahayu) ditemani babybear, dan baby Faiz ... akhirnya aku bisa melihat pameran kedirgantaraan, versi lokal. Yakni Bromo Valley Air Show 2018, yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT TNI AU ke-72 berlokasi di Lanud Abdul Rachman Saleh Malang.

Tepat pukul 9 pagi kami berempat melaju ke arah bandara, kami mengira acara tsb diadakan di dalam area bandara Abdul Rachman Saleh. Tapi ternyata bukan, yaaa harap maklum baru tahu juga kalau di sekitar bandara tsb pun terdapat pangkalan udara hihihi ke mana sajaaa diriku.

Diantar oleh shuttle bus

Dari pos masuk bandara Malang, kita terus lurus saja. Kemudian baru deh kendaraan kita parkir begitu memasuki area Lanud Abdul Rachman Saleh. Jalan sedikit ke arah SDN Saptorenggo untuk ikut diangkut ke atas shuttle bus, ya pihak acara menyediakan shuttle bus yang mengantarkan para pengunjung pameran ke lokasi. Namun sayang, ternyata dari lokasi pemberhentian shuttle bus tsb, pengunjung masih harus berjalan lagi (justru lebih jauh) sampai pintu gerbang sekitar 2 KM. Lumayan, olahraga siang hari haha.

Memasuki gerbang pameran BVAS (Bromo Valley Air Show) beragam makanan, dan minuman dalam rangkaian bazar sudah menyambut. Wuah pas sekali, pihak penyelenggara paham betul kalau kami para pengunjung sudah kehausan padahal belum apa-apa baru masuk hahaha. Sudah kebayang kan teriknya matahari siang itu.

Tips buat pengunjung yang membawa buah hatinya

Lanud-abdulrachman-saleh
babybear bisa terlelap di mana saja, walau panas menyengat
Maka dari itu, buat ibu-ibu yang membawa buah hatinya (khususnya bayi) ke pameran ini. Ada baiknya benar-benar menyiapkan stamina, dan perbekalan lengkap, seperti:
  • gunakan gendongan yang mumpuni, atau stroller sekalian dikarenakan lokasi pameran yang cukup menguras tenaga.
  • minuman yang cukup, bekal camilan atau makanan. Karena stand-stand bazar yang dijumpai siang tadi sepertinya diperuntukan dewasa, dan anak-anak (cmiiw).
  • topi sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari. Kalau bisa bawa payung juga oke, walaupun ada juga tempat berteduh seperti tenda podium.

Beragam atraksi pesawat di BVAS 2018

Sebut saja atraksi dari pesawat Hercules C-130, atau Casa C-212 yang terbang rendah melewati podium cukup membuat pengunjung berdecak kagum, ditambah deru suara mesinnya. Wow! Meski begitu babybear asyik terlela dalam tidurnya hahaha. Tak ketinggalan 6 penerjun dari AU melakukan atraksi berputar di atas sebelum mendarat.


Tak hanya atraksi udara, kita pun dimanjakan dengan beberapa alutsista seperti pesawat tempur latih 0101 yang dipajang di arena pameran. Kasihan si baby berpanas-panasan?! Tidak perlu khawatir, silahkan narsis sejenak dengan penerbang AU di booth Skadron Udara 32.

skadron-32
bersama penerbang AU
alutsista-air-show
BVAS 2018
***
Tak ada rotan, akar pun jadi. Dan sepertinya aku diharuskan melihat pameran kedirgantaraan versi lokal terlebih dulu, baru nantinya versi interlokal ya hahaha aminkan ya. Jadi, jangan sampai terlewatkan wisata edukasi satu ini. Apalagi masuknya GRATIS, mulai dari tanggal 20 - 22 April 2018. Masih ada esok hari, selamat berakhir pekan bersama keluarga!

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah nice, Mba. Moga ini langkah awal sebelum nonton yang event se-Asia-nya ya, di Singapur nanti. Event kayak gini nggak cuma anak2 aja yang suka ya, orang dewasa pun sama happy-nya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyaaa bener mbak, mskpn si baby bubuk. Emaknya masih bisa menikmati sambil gendong :)))

      Delete
  2. Di malang ya mbak, anak ku juga mesti suka deh lihat pameran aviasi, secara dia belum pernah naik pesawat, tapi pastinya memang panas ya

    ReplyDelete

Subscribe