Persiapan mpASI

9:30 AM

Dear Lovembre, hari Minggu pertama di bulan Januari ini babybear akan memasuki usia 6 bulan. Yang artinya, saatnya ia mulai makan makanan pendamping ASI atau disingkat mpASI.

persiapan-mpasi-bayi

Sebagai ibu, aku pun kembali belajar dengan mencari informasi seputar apa itu mpASI. Mulai dari info mengenai makanan apa saja yang sudah boleh diberikan ke bayi di usia 6 bulan, bagaimana cara mengolahnya, berapa jumlah kebutuhan nutrisi per harinya, dsb.

Jangan ditanya betapa gembiranya aku menyambut hari tsb, selain mempersiapkan bekal ilmu, corat-coret menyusun menu mpASI, dan tak kalah excited yakni belanja perlengkapan mpASI. Nah, untuk urusan yang satu ini tentu saja ibuk bersemangat sekali (LOL).

Upgrade ilmu

Sumber referensi pertama yang menjadi rujukanku ialah blog www.metahanindita.com, juga ditulis oleh seorang dokter anak lulusan Universitas Airlangga dr. Meta Herdiana Hanindita SpA. Kenapa? Saking banyaknya sumber bacaan mengenai mpASI, hal tsb malah membuatku semakin bingung mengenai apa, dan bagaimana pemberian mpASI yang tepat & sesuai pada bayi.
Ternyata setelah saya baca satu per satu, ya itu tadi, banyak yang tidak sesuai dengan rekomendasi MPASI IDAI. [1]
Bahkan dokter cantik yang juga seorang penyiar radio ini menuturkan alasan tsb, mengapa ia sampai mengeluarkan Buku Mommyclopedia. Jadi, sumber bacaan yang tepat & sesuai itu penting sekali kan ibu-ibu.

Walaupun aku belum membaca isi buku tsb, setidaknya tulisan-tulisan mengenai serba-serbi mpASI di blognya cukup banyak membantu. Dan juga mencari tahu tentang Guideline Complementary Feeding WHO melalui situs WHO sendiri.

Menyusun jadwal menu mpASI

Karena masih tergolong new mom, dan meskipun sudah tidak bekerja lagi. Daripada nanti pas hari H kebingungan mau masak apa. Lebih baik aku membuat jadwal menu mpASI untuk sebulan penuh.

Menyadur dari beragam sumber, akhirnya aku putuskan untuk memberikan mpASI dengan metode konvenional (responsive feeding). Di mana 14 hari pertama akan kuberikan menu tunggal ala-ala. Kenapa kok ala-ala? Karena menurut WHO sendiri tidak ada namanya pemberian mpASI menu tunggal. Yang ada ialah pengenalan staple food, bahan makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Serta mengenalkan menu-menu lain yang mengandung protein hewani, protein nabati, dan sayuran. [2]

Setelah 14 hari pertama akan dilanjutkan dengan pemberian mpASI menu 4 bintang (menu mpASI yang mengandung karbohidrat, protein hewani & nabati, serta sayuran). Berikut jadwal menu mpASI selama sebulan.
jadwal-mpasi-pertama
jadwal menu mpASI bayi 6 bulan

Belanja perlengkapan mpASI

Last but not least ... Urusan belanjaan aku lakukan via offline maupun online, selain menghemat waktu, beberapa barang online lebih murah ketimbang beli secara offline. Apa saja yang aku persiapankan, ini dia daftar belanjaanku ...

Baby food maker merek Pigeon
baby-food-maker-pigeon-murah

Alat ini lengkap sekali, semacam one stop cooking. Mulai dari pemeras jeruk, penyaring makanan, penghalus makanan, parutan, sampai tempat untuk menyimpan makanan serta sendoknya pun ada.

Slow cooker Takahi
Awalnya aku bingung ini alat masak untuk apa ya? Harap maklum, namanya juga hadiah hihihi. Setelah browsing, baru deh paham kalau slow cooker ini cocok untuk merebus daging, memasak bubur tanpa takut gosong.

Ice cube tray yang menggunakan tutup
Digunakan untuk menyimpan air kaldu, di mana sekali memasak kaldu bisa disimpan untuk digunakan hingga seminggu ke depan. Jadi tidak repot lagi kalau butuh kaldu, cukup mengambil 1 cube air kaldu dari tempat tsb.

Blender
Kebanyakan aku lihat ibu-ibu menggunakan hand blender, berhubung budget menyesuaikan. Aku memilih mini blender yang sudah ada saja. Dengan catatan belum pernah kugunakan sebelumnya hehe, ibu-ibu baru ... maunya semua dibedakan dengan perlengkapan yang biasa kita pakai sehari-hari. Alasannya, agar lebih higienis :)

Feeding set
Perlengkapan makan, mulai dari mangkok, piring, sendok, dan garpu. Harus yang food grade ya, dan kebetulan feeding set ini kudapatkan dari hadiah (lagi).

Perlengkapan masak seperti wajan, telenan, pisau, panci kecil 
Ya, masih sama dengan alasan sebelumnya. Aku membeli baru untuk alasan higienis saja.

Food container
Berguna sekali untuk menyimpan bahan makanan, dan jangan lupa, mengingat banyak sekali merek bertebaran di luar sana. Jadi, pilih yang food grade ya. Kemarin aku beli IKEA Pruta 17 set, murah meriah food grade juga :)

High chair
high-chair-informa-murah
high chair Informa
Bermaksud ingin mengajarkan babybear makan pada tempatnya sejak dini. Nantinya aku kurang setuju kalau babybear makan disambi dengan kegiatan lain, makan ya harus di meja makan. Untuk itu, semoga high chair dari Informa ini bisa mengakomodasi kebutuhan kami.

Itu dia beberapa perlengkapan mpASI hasil hunting beberapa hari kemarin, terima kasih pak suami :)

***
Begitu lah cerita mamabear dalam menyambut momen mpASI si kecil, apakah ibu-ibu juga bersemangat 45 alias heboh seperti aku? hihihi

Lastly, selamat makan babybear 🐻

* sumber informasi:
[1] www.metahanindita.com/2017/11/bisnis-buku.html (diakses tanggal 03 Januari 2018).
[2] http://www.metahanindita.com/2017/09/lagi-tentang-mpasi.html (diakses tanggal 04 Januari 2018).

You Might Also Like

5 comments

  1. Aku karena anak ke dua, malah males menyambut MPASI, wkwk.

    Ijin nyimpen daftar menunya ya mbak, buat Nayla kalau MPASI nanti *mama males mikir :D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhhh iya anak kedua ya ini, udah wolesss aja pastinya :D
      Monggo mbak gpp menunya disimpan.

      Delete
  2. Babybear sudah besar, ih! Habis ini isi kulkas dilahap habis sama anak lanang. Oya, babybear udah nggak njlungup lagi, kan? :D

    ReplyDelete
  3. aaah... jadi inget masa2 saya persiapan MPASI dulu... excited banget :)

    ReplyDelete
  4. Aku bopkmark iniiiih
    Bingung banjettt balada mnuju mpasi ahhaha

    ReplyDelete

Subscribe