Curhatku Tentang Perlengkapan Anak & Bayi

9:02 AM

perlengkapan-anak-dan-bayi
Dear Lovembre ... Ini dia curhatku tentang perlengkapan anak & bayi. As a new mom to be, pastinya momen belanja perlengkapan anak & bayi menjadi salah satu momen menyenangkan. Apalagi "shopping" is my middle name [ooops]. Namun, aku pun sempat bingung apa saja barang-barang yang harus dibeli. Hingga berujung pencarian di mesin pencari google, dan menemukan tulisan salah satu teman blogger mengenai perlengkapan apa saja yang dibutuhkan oleh newborn baby tepatnya.

Kalau  mau dilist, daftar belanjaan kemarin lumayan banyak banget. Apalagi kan ini adalah kelahiran putra pertamaku, jadi otomatis semua yang dibeli adalah barang baru, meskipun ada beberapa lungsuran dari keponakan seperti ranjang atau box bayi. Dibilang penghematan boleh ya, karena kan ranjang bayi ini kata sebagian orang penting nggak penting. Tapi untukku ranjang bayi berguna banget, setelah babybear dimandikan kemudian menyusu. Ia akan tertidur pulas, lalu kuletakkan di ranjang bayi hingga waktu menyusu berikutnya tiba, sehingga aku bisa beraktivitas di rumah selagi ia tidur.

Lalu gendongan bayi, nah perlengkapan satu ini bisa dibilang mengalami transformasi luar biasa sejak zaman aku masih kecil. Dulunya gendongan bayi hanyalah selembar kain jarik panjang yang dililitkan ke pundak ibu. Sekarang? Hmmm, jangan ditanya. Mau jenis gendongan apa saja sudah ada, mau jenis jarik jadul pun sekarang juga ada buat yang ingin back to basic.

Nah, mungkin kedua barang tadi adalah perlengkapan anak & bayi yang pasti masuk dalam daftar belanja. Ada juga nih beberapa perlengkapan yang sempat terlupakan, bahkan baru teringat di detik-detik akhir mendekati hari perkiraan lahir (HPL). Apa saja sih? Seperti sisir bayi, thermometer, bahkan sikat gigi bayi.
"Hah? Masih bayi sudah sikat gigi gitu?" bukan, bukan begitu. Ingin tahu lebih dalam? Yuk!
Ini dia beberapa perlengkapan anak & bayi yang kemarin terlupa masuk dalam daftar belanjaan, di antaranya:

Sisir Bayi

Untuk bayi,  berdasarkan bentuk sisir biasanya ada dua jenis. Yakni sikat dan bergerigi. Nah, kebetulan babybear memiliki jenis rambut yang super duper lembut, sehingga jenis sisir sikat (brush) cocok untuknya. Yaaa, walaupun rambutnya baru sedikit sekali, tapi kalau disisir rapi penampilan babybear pasti makin cakep dan menggemaskan hehe.

Dan aku pun membeli dua jenis sisir sekaligus, selain lebih hemat. Sisir jenis bergerigi ini bisa dipakai nantinya saat rambut babybear mulai tumbuh lebat.

Potongan & Gunting Kuku Bayi

tips-menggunting-kuku-bayi
Karena kuku tangan merupakan organ tubuh yang paling dekat dengan mulut. Bahkan terkadang, babybear memasukkan jari tangannya ke mulut kalau ia mulai merasa haus dan tidak sabaran untuk menyusu. Selain itu, guna menghindari ia tercakar kukunya sendiri ... hiks kasihan kan kalau melihat ada goresan luka di wajahnya. Oleh sebab itu, aku rutin memotong kukunya dua minggu sekali, karena kuku bayi ini cepat sekali tumbuhnya.

Awalnya aku merasa was-was ketika hendak memotong kuku babybear, maklum ibu muda belum punya pengalaman hehe. Jadi sebisa mungkin aku melakukannya di saat babybear sedang tidur pulas, di mana ketika ia sedang tertidur tentu tidak banyak bergerak.

Selain itu, ambil jarinya satu persatu baru mulai mengguntingnya. Untuk menghindari jari lainnya tergores gunting kuku.

Thermometer

"Badannya panas, 37.6 °C." ujarku sedikit panik, ketika malam itu babybear mendadak demam. Padahal esok paginya kami berencana membawanya untuk vaksinasi, alhasil ditunda karena demam tadi.
"Suhu tubuh yang mengindikasikan demam adalah apabila suhu tubuh bayi anda di atas 37.6 – 38 dan terjadi selama hampir 24 jam." [1]
Nah, sudah tahu kan pentingnya thermometer di rumah, kadang perlengkapan satu ini terlupa loh. Padahal penting sekali untuk mengetahui dengan pasti berapa derajat celcius kondisi badan si baby.

Sikat Gigi Bayi

Jangan dibayangkan sikat gigi bayi atau baby toothbrush ini digunakan untuk menggosok gigi. Ya, walaupun nantinya ketika ia sudah mulai tumbuh gigi pertama, juga akan terpakai sih. Tapi di sini, perlengkapan tsb aku gunakan untuk membersihkan lidah babybear yang memutih dikarenakan sisa susu yang menempel di lidahnya.

Pernah aku membaca diskusi di sebuah grup, ada yang membersihkan sisa susu tsb dengan menggunakan kain kasa yang dilapkan ke lidah bayi. Namun, aku kesulitan untuk melakukannya. Dengan sikat gigi bayi yang ujungnya berbahan silikon ini memudahkanku untuk membersihkan sisa susu tsb. Pengen mencoba juga?

***
Setiap ibu pasti punya daftar belanjaan tentunya, untuk itu ada baiknya dicek betul-betul sebelum berbelanja. Supaya tidak ada yang terlupa, seperti aku kemarin hehe. Apalagi beberapa barang yang aku sebutkan tadi kan, termasuk perintilan yang kadang penting nggak penting. Sebut saja sikat gigi bayi, siapa yang akan mengira kalau ternyata lidah babybear pun perlu dibersihkan dari sisa susu yang tertinggal di lidahnya.

Lastly ... Selamat berbelanja ^^
with luv ♡

* sumber informasi:
[1] http://www.wikisehat.com/berapa-batas-suhu-normal-bayi-baru-lahir-sampai-1-tahun (diakses tanggal 08 September 2017).

You Might Also Like

4 comments

  1. Aku belum pernah lihat soal sikat gigi bayi. :o Nambah pengetahuan nih. :D

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget nyisir anakku pas masih bayi dulu. Lucu. Eh, ma bapaknya diberantakin lagi. :'D

    ReplyDelete
  3. Perlengkapan anak bayi lucu2. Serba mini sih. Hehehehe

    ReplyDelete
  4. Setiap orang tua sebaiknya menyiapkan diaper cream supaya bayinya nggak sampai kena ruam popok.

    ReplyDelete

Subscribe