Ibu, Mau Lahiran Di Rumah Sakit Mana?

6:53 PM

melati_husada_review

"Ibu, mau lahiran di rumah sakit mana?" pertanyaan seperti itu pasti kerap menghampiri para ibu hamil, iya apa iya? :) Lalu, setelahnya ibu hamil dibuat bingung "Hmmm, mau lahiran di mana ya aku?" gumamku saat itu hihihi.

Tak dipungkiri, pertanyaan tsb memang sempat membuatku sedikit bingung menentukan rumah sakit mana yang akan kujadikan rujukan untuk lahiran, apalagi aku baru setahun tinggal di Malang. Jadi, mau tidak mau referensi dari google melalui beberapa review kujadikan acuan. Tak sedikit juga pendapat dari beberapa anggota keluargaku yang asli Malang pun kujadikan masukan.
"Rumah sakit yang seperti apa sih, yang ingin kujadikan jujukan saat proses lahiran?"
Survei kecil-kecilan pun kami lakukan, datang menghampiri satu persatu rumah sakit yang masuk dalam daftar kami. Ohiya, rumah sakit yang masuk dalam daftar di sini, ialah RS tempat dokter kandunganku menggelar prakteknya.

RSIA vs Rumah Sakit Umum

Dan akhirnya kami lebih memilih RSIA alias Rumah Sakit Ibu dan Anak, kenapa? Dengan harapan RS tempat aku melahirkan ini fokus hanya untuk pasien ibu hamil dan anak saja. Tidak bercampur dengan pasien yang memiliki keluhan atau penyakit lainnya, itu menurut pendapat pribadiku.

Kenapa begitu? Hal tsb kami lakukan guna menghindari infeksi virus atau bakteri yang tidak dinginkan, yaaa walaupun tidak menutup kemungkinan RSIA juga berpotensi sama. Tapi setidaknya bisa diminimalisir jika aku memilih melahirkan di RSIA.

Biaya Melahirkan di Malang

Nah, untuk yang satu ini tergantung budget juga ya. Nyaman, aman, dan faktor penentu lainnya antara ibu hamil satu dengan lainnya tentu berbeda. Aku bisa saja nyaman melahirkan di RSIA Melati Husada, tapi mungkin berbeda dengan ibu hamil lainya.

Walaupun sebelum menentukan pilihan untuk melahirkan di RSIA Melati Husada, kami tetap melakukan survei seperti yang aku ungkapkan di atas. Dan untuk kalian ibu hamil yang ingin membandingkan beberapa RSIA di Malang, 3 rumah sakit yang pernah aku survei ini bisa dijadikan referensi (update per Juli 2017).

melahirkan-husada-bunda
estimasi biaya melahirkan di RSIA Husada Bunda
melahirkan-puri-bunda-malang
estimasi biaya melahirkan di RSIA Puri Bunda
melahirkan-melati-husada-malang
estimasi biaya melahirkan di RSIA Melati Husada

Testimoni Melahirkan di RSIA Melati Husada

Banyak yang berpendapat kalau rumah sakit yang letaknya di tengah kota Malang ini "homey sekali." Hmmm, mugkin karena pemilihan interior dan furniturenya seperti rumah pada umumnya kali ya. Ruangan lobby dibuat mirip seperti ruang tamu, ditambah model bangunan rumah sakit ini memang seperti rumah pada umumnya. Bukan seperti bangunan rumah sakit lainnya.

Tempat tidurnya pun seperti tempat tidur rumahan. Bukan tempat tidur khusus seperti yang biasa terdapat di rumah sakit. Mau tahu lebih jelas, ini dia nih penampakan kelas paviliun di RSIA Melati Husada.

kelas-paviliun-melati-husada
suasana feel likes home, paviliun RSIA Melati Husada
Para tenaga medis seperti perawat cukup cekatan, dan ramah. Seragam yang mereka kenakan pun tidak seperti seragam perawat rumah sakit biasanya loh, perawat wanita di sini kalau aku perhatikan cenderung menggunakan atasan model kebaya ... feminin yah.

Suasana homey makin diperkuat dengan menu makanan yang menurutku sedikit beda dibanding menu rumah sakit lainnya. Rasa dan pilihannya lebih bervariasi, sebut saja menu iga bakar sebagai menu makan siangku kemarin ... yummy! Dan masih ditambah lagi snack pagi dan siang, hahaha benar-benar nyaman feels like home.

Terlepas dari kenyamanan itu semua, rumah sakit yang terletak di pusat kota ini, dirasa memudahkan jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti ceritaku kemarin, ketika aku harus dirujuk ke RSUD Dr. Saiful Anwar.

***
Itu dia beberapa hal yang menjadi poin ketika kemarin memilih rumah sakit tempat melahirkan, mudah-mudahan point of view dariku tsb bisa sedikit membantu ibu hamil yang sedang mencari referensi rumah sakit untuk bersalin. Dan siapa tahu ada yang bertanya ''Mau lahiran di rumah sakit mana?" hehehe

with luv ♡

You Might Also Like

5 comments

  1. kamu di paviliun apa madura jadinya?

    ReplyDelete
  2. Puri bunda murah banget ya? Adik iparku pernah periksa di sana n cuma habis 25rb di luar obat >.< gak nyangka biaya persalinannya juga murah beut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneran murah, tapi belum sempat nyobain kontrol di sana kemarin hihihi

      Delete
  3. Malang kota besar tapi harganya masih bisa dikatakan belum seWOW yang di Surabaya ya mbak..?

    ReplyDelete

Subscribe