Produk Skin Care Saat Kehamilanku

5:00 PM

Produk Skin Care Saat Kehamilanku - Skin care atau perawatan kulit biasanya aku lakukan baik di pagi maupun malam hari ... all day long tak pernah lepas. Karena kulit wajah serta tubuh yang bersih, cerah, wangi dan memesona itu adalah investasi (imho). Suami senang, kita pun bahagia tentunya ... ya, bukan? Tapi, selama kehamilan ini hingga trimester kedua sejatinya aku benar-benar lepas dengan yang namanya perawatan kulit atau skin care tadi, kecuali facial wash. Kenapa?

Sudah pada paham pasti, kalau skin care bernuansa whitening, anti-aging dan acne care tidak disarankan dipakai selama masa kehamilan. Karena di dalam produk-produk tsb biasanya terdapat bahan-bahan yang kurang aman digunakan untuk ibu hamil, seperti retinoid dan asam salisilat yang umumnya terdapat pada produk acne care dan anti-aging. Di mana aku pun saat itu sedang menggunakan skin care untuk acne care, tapi ketika hamil ini perawatan kulit tsb aku hentikan sementara.

skincare-saat-hamil
Produk Skin Care Saat Kehamilanku
Tapi, bagaimana pun juga kulit wajah dan tubuh tetap harus dirawat. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa produk skin care yang aman digunakan untuk ibu hamil. Berikut beberapa perawatan untuk kulit atau skin care yang biasa kupakai selama masa kehamilan ini. Di antaranya:

Skin Care Untuk Wajah

FACIAL WASH
Cetaphil Gentle Skin Cleanser, adalah sabun pembersih muka yang kupakai selama masa kehamilan ini. Tidak berbeda dengan yang biasa kupakai sebelum hamil. Karena, selain aman untuk ibu hamil, aku tetap membutuhkan produk yang dapat menjaga kelembapan kulit, menyesuaikan domisiliku di kota bercuaca dingin. Di samping itu, kulitku yang termasuk sensitif sekali, sudah cocok menggunakan sabun ini.

cetaphil-aman-untuk-ibu-hamil
Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Harga: sekitar 200rb - kemasan 500 ml (sssst, aku lebih memilih beli di Century karena harga lebih murah dibanding Guardian)

TONER
L'Oreal Micellar Water, digadang-gadang sebagai produk dari Paris dengan formula pembersih wajah praktis 3 in 1. Yakni cleanse , remove makeup and soothe ... membersihkan, menghapus makeup dan melembapkan. Micellar water tsb biasa kupakai untuk membersihkan makeup, dan kugunakan sebagai toner sebelum ber-makeup. Fyi, setelah pemakaian selama seminggu, kulit wajahku menjadi lebih halus, padahal biasanya untuk menghaluskan kulit wajah aku membutuhkan krim malam dan pagi. Tapi kan selama kehamilan ini aku STOP sementara.

micellar-water-loreal-review
L'Oreal Micellar Water
Hmmm, sebenarnya bisa sih kita tetap menggunakan krim malam dan pagi, hanya jenis bahannya saja yang dibedakan antara krim untuk pemakaian normal dengan krim untuk ibu hamil. Intinya selama kehamilan ini, aku ingin berhemat biaya dulu deh hihihi.

Harga: 103rb diskon 10% - kemasan 250 ml (di Centro, Malang Olympic Garden)

SUNBLOCK
Acne Care Lab, Sun Friendly SPF30. Produk tabir surya dari Erha Clinic ini memiliki kandungan SPF30, dioleskan setelah mengenakan micellar water tadi, dan sebelum memakai makeup. Ketika aku melakukan aktivitas di luar dalam waktu yang cukup lama, aku mengoleskannya kembali setelah selesai berwudhu. Seperti halnya ketika sedang berlibur ke daerah dingin, karena bagaimana pun negara kita adalah negara tropis kaya akan sinar matahari yang cukup menyengat di kulit ... apalagi kulit wajah.

review-erha-sunblock
Acne Care Lab
Harga: 83.500 - kemasan 30 gr

LIP BALM
Oriflame Tender Care Protecting Balm, yang mengandung beeswax (lilin lebah) untuk melembapkan kulit. Perawatan kulit dari Oriflame ini sebenarnya bisa digunakan untuk bermacam masalah kulit kering, dan aku memakainya untuk melembapkan bibirku yang kadang pecah-pecah setelah seharian mengenakan pemulas bibir berbentuk matte, lip tint atau pun lip cream.
 
Oriflame-Tender-Care-Review
Oriflame Tender Care Protecting Balm
Kemasannya mungil seperti diriku haha, dioleskan pada malam hari sebelum tidur. Sehingga esok harinya bibir akan terasa lebih lembap, dan tidak kering lagi. Kadang kuaplikasikan juga sebelum memakai pemulas bibir.

Harga: 39rb - kemasan 15 ml

Skin Care Untuk Tubuh

BODY SCRUB
Tanjung Body Scrub, produk keluaran Sariayu Martha Tilaar ini kupakai untuk mengatasi beberapa masalah yang tiba-tiba timbul di trimester kedua kehamilan ini. Lipatan-lipatan seperti di ketiak, sekitar leher, dan lengan tangan tiba-tiba menghitam. Untuk menguranginya aku kembali rajin meluluri kulit tubuhku ketika mandi, hal tsb cukup ampuh mengurangi warna lipatan yang tidak sedap dipandang mata. Selain itu badan juga menjadi lebih segar, dan wangi.

Sariayu-bodyscrub
Tanjung Body Scrub by Sariayu
Sebelum membeli lulur dari Sariayu kemarin, awalnya aku ingin membeli body scrub dari The Body Shop. Karena pemakaiannya cukup mudah, tidak terlalu membutuhkan effort lebih untuk scrubing. Tapi belakangan produk yang pernah kubeli tsb jadi jarang terpakai hingga masa expirednya lewat, padahal harganya lumayan sekali. Jika ingin dibandingkan dengan produk dari Sariayu ini, not bad kok menurutku.

Harga: 18rb - kemasan 175 gr

BODY LOTION
Milk & Honey Gold Nourishing Day Cream, hand and body cream kuoleskan pada pagi dan sore hari selepas mandi. Juga setelah luluran untuk mengembalikkan kelembapan kulit tubuh agar tidak terlalu kering. Testimoni beberapa pemakainya pun mengatakan jika produk dari Oriflame ini bisa juga dipakai untuk mencegah stretch mark yang biasa terjadi saat kehamilan. "Jangan salah, strech mark itu bisa muncul tiba-tiba hanya dalam semalam loh." demikian pengalaman temanku.
Tidak semua orang mengalami stretch mark. Kondisi ini hanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen atau protein yang membuat kulit lentur. Stretch mark umumnya terjadi karena tubuh Anda berkembang lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. [1]
oriflame-milk-&-honey-review
Milk & Honey Gold Nourishing Day Cream
Dibuat dari ekstrak susu dan madu yang dapat melembutkan kulit, selain itu wanginya tidak terlalu kuat ... lembut sekali.

Harga: 129rb - kemasan 250 ml

BODY TALC
Johnson's baby powder, blossoms. Ketika sedang ingin memakai wangi-wangian, aku lebih memilih menaburkan bedak bayi ini. Selain wanginya yang lembut bak bayi baru mandi hehe, bedak ini cocok buatku dalam hal mencegah biang keringat berlebih.

Johnson's-baby-powder-review
Johnson's baby powder, blossoms
Harga: maaf lupa - kemasan 100 gr

***
"I’m a big believer in that if you focus on good skin care, you really won’t need a lot of make-up." - Demi Moore
Aku setuju sekali dengan kutipan tsb, dengan kulit tubuh terlebih wajah yang sehat. Kadang untuk keluar rumah pun aku hanya cukup mengoleskan pelembap dan sunblock saja. Pun Tuhan telah menganugerahi kita kulit yang sehat, jadi sudah sewajarnya kita harus merawatnya, bukan? Meskipun perlakuan tiap individu akan berbeda-beda, pun aku di awal-awal kehamilan tidak terlalu merisaukan mengenai perawatan kulit tsb. Namun kodrat sebagai wanita, mau tidak mau ya tetap ... merawatnya :)

Bagaimana dengan kalian? Apakah di masa kehamilan, kalian masih tetap menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh?

with luv ♡

* sumber informasi:
[1] http://www.alodokter.com/wanita-dan-fenomena-stretch-mark (diakses tanggal 12 April 2017).

You Might Also Like

9 comments

  1. aku saking pengen ngrumatnya sampe IPL aja hampir diterabas :))
    tapi hampir sama kyk sebelum hamil, kulitku baik2 aja. alhamdulillah. stretch mark semoga ga muncul krn sampe hari ini jg masi baik2. aku pake wardah aloe vera buat kulit muka sm perut sekalian. tadinya mau mikir yg praktis aja, ternyata jg bisa ngerawat.
    untuk mbersiin muka jg miscellar water tp yg garnier aja :))
    dah. itu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bangeet baik-baik sajaaa, aku jerawatan pol pas awal2. Masuk T2 lumayan berkurang dikit-dikit lah.

      Delete
  2. Tfs ya Mba, saya juga lagi hamil aga was was pake skin care n makeup saat hamil^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, sehat selalu untuk mommy n baby ya...aamiin

      Delete
  3. lengkap banget neh mbak perawatannya saya dulu pakai produk bayi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...nggak tau nih tiba-riba kok centil :)))

      Delete
    2. mungkin anakmu bakalan jadi cewek mbak.. aku pengen nyobain juga sih sebenarnya, ilfeel ngelihat wajah sendiri yg jadi bulukan. hizz..

      Delete
    3. Wkwkwkwk aku asli'e ya parah mbak. Jerawat di dagu nih hilang satu tumbuh seribu. T1 malah jidatku bruntusan, errrr.
      Dinikmati aja trus, drpd sutris pas ngaca kok gini banget :)))

      Delete
  4. Karena aku centil jadi tetep perawatan meskipun hasilnya ya gini-gini aja, wkwk

    ReplyDelete

Subscribe