Sedang Hamil? Ini Dia Pertanyaan-pertanyaan Yang Akrab Di Telingaku

12:05 AM

Lovembre ... Kehamilan merupakan suatu momen yang amat sangat dinanti oleh semua wanita mana pun. Momen di mana Allah menitipkan seseorang ke dalam badan kita, subhanallah. Untuk itu, cerita kehamilan antara wanita satu dengan lainnya pastilah berbeda-beda. Semua unik, dengan beragam kisah di dalamnya.

pertanyaan-wanita-hamil

Dan biasanya, wanita yang sedang hamil memiliki beberapa pertanyaan yang membuatnya penasaran. Pun kerap mendapatkan bermacam pertanyaan seputar kehamilannya, apalagi dari orang-orang terdekat. Tentunya mereka antusias sekali mendengarkan cerita kita, baik itu cerita seputar kehamilan, keluh kesah, atau cerita unik lainnya. Sahabat, kakak, adik, orang tua, suami ... aahhh terima kasih syukur alhamdulillah atas perhatiannya.

Untuk itu, aku merangkum benerapa pertanyaan yang biasanya sering ditujukan kepada wanita yang sedang hamil. Ataupun pertanyaan yang sering muncul di benakku. Ini dia ...

Mual-mual, tidak?

Ketika seorang wanita diketahui sedang berbadan dua atau hamil, hampir dipastikan mereka akan mendapat pertanyaan tsb. Apalagi sore itu ketika ibuk mertua meneleponku, suara yang keluar dari mulutku agak-agak lemas kurang bersemangat. Alhasil, ibuk tahu kalau aku agak sedikit mual.
Adapun penyebab mual pada wanita hamil pada umumnya dikarenakan terjadi peningkatan kadar hormon kehamilan, yakni hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin), Estrogen, dan Progresteron. (#cmiiw)
Sehingga dokter obgynku pun meresepkan obat mual yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selama kehamilan sampai dengan minggu ke 13 ini, aku sudah menegaknya sebanyak 2x. Ketika kurasa tidak kuat menahan mual, bahkan yang pertama sempat hampir muntah. Daripada perut bergejolak tidak karuan lalu muntah, baiknya kuminum saja. Selebihnya mual tsb masih bisa kutahan ... alhamdulillah.

Ohya, selain disebabkan karena perubahan hormonal, mual pada ibu hamil juga bisa terjadi karena sugesti dari pikiran kita (#cmiiw).

Kamu ngidam apa?

"Ngidam biasanya identik dengan rasa ingin mengonsumsi makanan yang tidak biasa atau ingin melakukan sesuatu yang kurang lazim.Ngidam biasanya terjadi pada tiga bulan awal kehamilan." [1]
Pertanyaan ini juga sering kudengar, baik sebelum maupun setelah hamil ini. Sebelum, karena tidak jarang aku pun mendengar apabila ada orang terdekatku sedang hamil, pertanyaan tsb dilontarkan kepadanya. Eh, begitu pun sekarang "Udah ngidam apa nih?" kadang aku hanya terdiam, sambil berpikir dalam hati "Hmmm, ngidam itu seperti apa sih?"

Dari kebanyakan cerita yang kudengar, kalau orang hamil sedang mengalami yang namanya ngidam. Tidak peduli itu siang, malam atau subuh sekalipun. Hujan badai, panas terik, kalau ngidam datang ... mau tidak mau harus segera didapatkan. Dan biasanya nih, setelah dapat. Syukur-syukur makanan tsb dimakan, ada bahkan yang trus selera makan hilang seketika begitu makanan tsb datang. Duh, merepotkan sekali ya. Tapi ya itu tadi, kehamilan itu unik. Sabar-sabarnya suami menuruti kemauan tsb hahaha.

Kalau aku? Hmmm (kemudian hening), bisa dibilang aku tidak terlalu mengalami apa itu yang namanya ngidam. Pernah mungkin suatu waktu, saat itu aku ingin sekali makan rendang. Kala itu sore hari hujan, suami belum pulang juga. Mau pesan delivery melalui aplikasi GoFood, kadang tidak terbalas. Tak ayal, pak becak langganan pun kupanggil minta tolong untuk membelikanku nasi padang. Terima kasih Pak Bino, beliau selalu sigap kapan pun jika aku membutuhkan bantuannya :)

Ya, mungkin itu pengalaman ngidam yang pernah kualami. Dan panganan yang dicari pun tidak susah, mudah sekali didapat. Hmmm, ngidam kah itu???

Ibu hamil boleh minum teh atau kopi, tidak?

"Salah satu alasan mengapa kopi cukup mengancam ibu hamil adalah karena kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dengan mudah dan bisa berdampak pada detak jantung bayi. Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah asupan kafein ibu hamil menjadi 200 mg per hari atau sekitar 2 cangkir kopi." [2]
Coffee lover, atau kalian suka ngeteh cantik? Pun demikian denganku, beruntung sebelum hamil kebiasaan minum kopi sudah mulai berkurang. Sebagai gantinya, kalau pas ingin minum kopi terkadang cukup mencium aromanya saja sudah bisa menenangkanku. Dan selama kehamilan trimester pertama kemarin, pernah sekali minum kopi. Itu pun hanya 1/2 sdt yang kucampur dengan milo.

Itu kan kopi, bagaimana dengan teh? Pernah kala sore hari, Malang yang tiap hari hampir selalu diguyur hujan lebat. Membuat kebiasaan lama, mencelupkan biskuit ke dalam teh muncul. Bukan kah hujan, teh panas dan biskuit adalah kombinasi yang serasi? Untuk memenuhi hasrat ngeteh cantik di sore hari itu, segera kubikin secangkir teh encer hangat berikut beberapa potong biskuit. Ahhh, nikmatnya dunia. Itu pun hanya sekali dua kali di kehamilan trimester pertama kemarin. Tidak terlalu mencolok.

Kalau kalian masih khawatir juga, tenang. Karena sekarang di pasaran sudah tersedia teh organik khusus untuk ibu hamil ... pregnancy tea. Yang disinyalir bebas kafein, sudah tentu harganya pun lumayan yah. Salah satu merk mematok harga 95rb untuk 16 tea bags  ... wow!

organic-pregnancy-tea
pregnancy tea [3]

Ibu hamil boleh makan mie instant, tidak?

Jangankan ibu hamil, orang tidak dalam kondisi hamil sekalipun disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi panganan cepat saji pujaan sejuta umat ini.

Selain itu, dari informasi yang pernah kuketahui. Mie seperti mi instant hanya bisa dicerna oleh usus selama seminggu ke depan, cukup lama bukan? Tapi kalau sudah amat sangat ingin mencicipi mie instant, bagaimana dong? Masak iya seharian bahkan seminggu kepikiran terus, kan menyebalkan.

"Dok, boleh nggak kalo saya makan mie instant?" tanyaku malam itu, sang dokter obgyn menjawab dengan senyuman simpul di awal.

"Jangan terlalu mengontrol apa yang kamu makan." jawabnya singkat. Pada intinya, makan saja sesukamu selama itu dalam batas kewajaran. Selepas pulang kontrol, aku langsung merebus Maggi Mi yang kucampur dengan kocokan telur. Hmmm nikmatnya. Pokoknya dalam batas wajar yah, ingat! Kecuali kalau kita makan mie instant setiap hari, oh it's a big NO NO.

***
Mungkin itu dia beberapa pertanyaan yang akrab di telingaku saat hamil kedua ini. Kalau kalian, pertanyaan yang sering didengar ketika sedang hamil apa ya? Atau ... Punya pertanyaan-pertanyaan lainnya yang bikin kalian penasaran? Apa itu?
with luv ♡

* sumber informasi:
[1] Ngidam, http://www.family.fimela.com/seputar-kehamilan/hamil-sehat/ngidam-sebenarnya-mitos-atau-fakta-cek-di-sini-131030t-page1.html (diakses tabggal 20 Januari 2017).
[2] Kafein pada ibu hamil, www.alodokter.com/ibu-hamil-minum-kopi-aman-atau-bahaya (diakses tanggal 20 Januari 2017).
[3] pregnancy tea, www.iherb.com/Traditional-Medicinals-Women-s-Tea-Organic-Pregnancy-Tea-Caffeine-Free-16-Wrapped-Tea-Bags-99-oz-28-g/6810 (diakses tanggal 20 Januari 2017).

You Might Also Like

22 comments

  1. Pertanyaan yang sering menjengkelkan adalah biasanya "Nanti lahiran di mana? Maksudnya di rumah ibu kandung atau ibu mertua?" Begitu teruuuuuss -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiihi, iya sih. Kalo aku lahiran dmn di kota skrg apa yg kmrn. Eaaaa

      Delete
  2. Tos Mba, aku lagi hamil sering banget ditanya itu. Alhamdulillah akuma ga mual muntah, ngidam selalu kesampaian, kalo teh suka pengen matcha float hehe, mie instan kadang, yang penting ga stress n ga punya utang, insya alloh lahiran lancar alami aamiin. Tfs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya bener, gk punya utang itu penting bingit. Makasih juga udah mampir yah :)

      Delete
  3. Waah...aku masih suka minum coffe latte paling hanya 2 sedot aja, teh aku minum setiap pagi dgn kadar yg ringan cenderung bening. Prefer green tea atau camomile aja.

    Mie instan juga masih makan, seminggu sekali aja.

    Tidak lupa Bismillah, semoga racun ke ibunya aja jangan ke anaknya, doa dalam hati hehehe.

    Lancar terus kehamilannya ya Mba. Sehat selalu...enjoy your pregnancy.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi doa sebelum makannya samaan mbak, yg jelek2 kasih ibunya aja haha.

      Delete
  4. Aku juga suka makan mie instan mba, tapi jarang, cz emang dari dulunya juga bukan maniak mie instan.
    Saya juga gak begitu merasakan yang namanya ngidam, rasanya kaya apa, kehamilan saya kok biasa aja ya gak ada ngidam ekstrim kaya cerita orang2.
    Sampai sekarang pun saya penasaran ngidam itu sebenarnya kaya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, ntah knp pas hamil ini yg terbayang kok mie instant ya. Padahal sblm hamil ya biasa aja sm itu mie, errrr.

      Delete
  5. Hihi, saya juga beberapa kali dapet pertanyaan itu mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan sejuta umat ya brarti, mbak :D

      Delete
  6. Aku tiap pagi minum teh anget mbak. Andalan biar ga mual. Hauhauhau. Mual cepatlah berlalu :)))

    ReplyDelete
  7. Udah USG ? Jabang bayinya cow atau cewek ? Eh dokter ini bagus lho ..dia bla bla bla...hehehe..cerita ttg kehamilan tak pernah habis tapi tetap senang ya..moga sehat sehat ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, tetep enjoy dengan sejuta pertanyaan tsb :)
      Terima kasih untuk doanya mbak, aamiin ya Rabb.

      Delete
  8. Replies
    1. Aamiin ya Rabb, makasih mbak doanya :*

      Delete
  9. Kepingin hamil..kepingin ditanya2 :D ha ha ha...
    Enjoy the drama ajalah mbak :) saya sudah kepengen banget hamil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener...enjoy the drama ;)
      Semoga menular ya mbak rezekinya, aamiin ^^

      Delete
  10. Aq mah suka ditanya, "hamilnya kok kecil bgt?" Ga bs jawab deh, ya emang udh dari sononya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya aku juga punya teman dgn pertanyaan seperti ini nih, mbak :D

      Delete
  11. kalo aku sih mba pertanyaan paling sering kudengar, sudah nambah berat badan berapa kilo? erghhh

    ReplyDelete

Subscribe